Bahaya Mesin Fotocopy Bagi Ibu Hamil


Mesin Fotocopy merupakan sebuah alat kantor yang dapat digunakan untuk membuat sebuah salinan data ke atas kertas dari sebuah dokumen, buku maupun sumber lainnya. Walaupun memiliki fungsi  yang sangat berguna,ternyata mesin fotocopy dapat sangat berbahaya bagi wanita hamil. Adapun bahaya yang dapat ditimbulkan antaralain:

1. Iritasi Pada Mata

Umumnya mesin fotocopy menggunkan sinar ultraviolet untuk dapat mendeteksi dokumen. Jika para karyawan telalu banyak terkena sinar ultraviolet tersebut maka akan dapat membuat iritasi pada mata. Secara garis besar kesehatan mata pada ibu yang sedang hamil tidak akan mempengaruhi tumbuh kembang janin, akan tetapi ibu hamil disarankan untuk dapat memperhatikan keselamatan kerja.

2. Panas

Mesin fotocopy dalam pengoprasiannya biasanya mengeluarkan hawa panas, akan tetapi jika mesin fotocopy diletakkan pada ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara atau sirkulasinya kurang baik, keadaan ini dapat membuat tekanan udara menjadi naik yang akan membuat para perkerja tidak nyaman, begitu juga demikian bagi ibu yang sedang hamil maka kondisi ini berbahaya untuk janin yang ada dalam tubuh sang ibu, bila suhu di sekitar ibu hamil panas maka kondisi ini akan mempengaruhi suhu pada janin.

3. Sakit Pada Otot

Sakit pada otot terjadi jika para karyawan yang berkerja di fotocopy terlalu lama menahan beban yang pada akhirnya akan membuat para pekerja mengalami kelelahan pada otot. Kondisi ini juga perlu diwaspadai oleh ibu hamil karena jika ibu hamil sampai mengalami kelelahan pada otot maka kemungkinan besar akan berdapak buruk bagi sang ibu.

4. Sakit Kepala

Bila terlalu lama terkena sinar ultraviolet akan menyebabkan sakit kepala. Hal disebabkan karena syaraf mata tidak dapat menangkap seluruh sinar yang masuk dan pada akhirnya sinar tersebut menuju syaraf otak yang akan membuat sakit kepala. Keadaan ini juga perlu dihindari oleh ibu hamil, jika ibu hamil mengalami sakit kepala maka janin yang berada di kandungan akan merasa tidak nyaman.

5. Stress

Mesin fotocopy cenderung mengeluarkan suara yang keras. Suara tersebut sebenarnya memang wajar dihasilkan oleh mesin fotocopy akan tetapi jika terlau lama mendengan suara bising yang dikeluarkan oleh mesin fotocopy akan membuat karyawan menjadi stress. Untuk ibu hamil bila mengalami keadaan ini akan sangat mempengaruhi kondisi pada janin yang ada di kandungan sang ibu.

6. Gangguan Pernapasan

Gejala ini dapat terjadi jika toner pada mesin fotocopy sedang dalam keadaan panas, dan jika saat keadaan panas tersebut, terkadang serbuk toner akan keluar. Serbuk iniliah yang dapat membuat karyawan menjadi sulit untuk bernapas. Dan jika ibu hamil mengalami sulit bernapas yang disebabkan karena menghirup serbuk toner maka gejala ini dapat memperlambat perkembangan janin, dan jika tidak cepat diatasi dapat membuat ibu dan juga jani mengalami kematian.


7. Menurunkan Kosentrasi

Selain membuat stress, suara yang dihasilkkan oleh mesin fotocopy dapat membuat para karyawan menjadi kurang kosentrasi. Gejala ini memang tidak terlalu berpengaruh pada ibu bayi tetapi untuk saran, sebaiknya ibu yang sedang mengandung tidak terlalu keras bekerja terutama bagi karyawan yang bekerja di bisnis percetakan.

Sekian informasi yang dapat admin berikan, jika anda merasa informasi ini sangat bermanfaat silakan share agar setiap orang tahu mengenai informasi terkini.

Referensi



Bahaya Mesin Fotocopy Bagi Ibu Hamil Bahaya Mesin Fotocopy Bagi Ibu Hamil Reviewed by Thu Juli on September 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.